Bagaimana Mengelola Uang Anda Lebih Baik dalam Lima Langkah Mudah

Bagaimana Mengelola Uang Anda Lebih Baik dalam Lima Langkah Mudah

Uang adalah segala sesuatu yang digunakan untuk pertukaran barang dan jasa. Uang, dalam dunia perdagangan, adalah darah bagi tubuh manusia. Peran uang bermain dalam kehidupan kita sehari-hari tidak dapat terlalu ditekankan. Ini meresap, namun sangat sedikit orang yang mengerti bagaimana menghadapi tantangan yang timbul dari penggunaannya.

Uang Anda adalah aspek penting dalam hidup Anda. Jumlah uang yang Anda miliki dapat menentukan apa yang Anda lakukan, ke mana Anda pergi dan bagaimana Anda hidup sehari-hari. Oleh karena itu, mempelajari cara mengelola uang merupakan langkah penting untuk mengendalikan hidup Anda. Untuk mengelola uang Anda dengan benar, Anda harus terlebih dahulu memahami sumber uang Anda dan bagaimana Anda membelanjakannya. Pastikan cara Anda mengelola uang sesuai dengan hal-hal yang paling penting bagi Anda.

Sangat penting, rahasia untuk menjalani kehidupan yang bebas secara finansial adalah memupuk kebiasaan uang yang efektif. Untungnya, Anda tidak memerlukan gelar apa pun di bidang keuangan untuk menjadi pengelola uang yang baik.

Baca juga di keuangan untuk mendapatkan informasi tentang investasi dan keuangan yang sesuai dengan keinginan anda.

Sekarang mari kita lihat secara singkat langkah-langkah sederhana yang dapat membantu Anda mengelola uang Anda secara efisien.

1. Tetapkan anggaran dan yang paling penting, patuhi itu. Aturannya adalah membelanjakan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan. Memiliki anggaran membantu Anda melacak pengeluaran Anda, yaitu Anda tahu untuk apa Anda membelanjakan uang, setiap hari. Anda mungkin heran bahwa jumlah kecil yang Anda habiskan untuk rutinitas tertentu bertambah. Salah satu cara yang baik untuk melacak pengeluaran Anda adalah dengan membuka rekening bank.

2. Pahami aliran pendapatan Anda: Ketahui apa yang Anda peroleh dari pekerjaan atau bisnis Anda. Ketahui penghasilan Anda yang sebenarnya. Jika Anda seorang penerima gaji, penghasilan Anda yang sebenarnya adalah penghasilan Anda dikurangi pemotongan wajib seperti pajak, pensiun, dan pemotongan wajib lainnya yang harus diambil dari sumbernya oleh majikan Anda. Jika Anda seorang pengusaha, tempatkan diri Anda pada gaji dan disiplinkan diri Anda dengan hidup sesuai gaji seolah-olah Anda seorang karyawan dengan mengikuti aturan yang disorot di atas. Inilah yang disebut akuntan sebagai laba bersih. Anggaran pendapatan bersih Anda. Anda tidak dapat mengelola sumber daya keuangan Anda dengan benar jika Anda tidak memiliki gagasan yang jelas tentang sumber daya tersebut.

3. Kelola rekening bank Anda secara aktif. Beberapa orang tidak memperhatikan apa yang terjadi dengan rekening bank mereka. Catat semua tambahan ke rekening bank Anda dan semua yang telah Anda tarik baik langsung dari bank, cek atau saluran elektronik seperti mesin ATM dan terminal POS. Pada akhir bulan, pastikan bahwa apa yang Anda miliki di akun Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan berdasarkan perhitungan Anda. Jika Anda tidak dapat menjelaskan perbedaan nomor, hubungi bank Anda segera untuk penjelasan.

4. Mulai menabung: Anda memiliki anggaran; Anda melacak pengeluaran Anda dan Anda mungkin membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda peroleh; sekarang saatnya untuk mulai menabung. Anda harus memiliki rekening tabungan dan begitu Anda menerima gaji bulanan atau memperoleh penghasilan dari bisnis Anda, simpan sebagian di rekening tabungan. Cara mudah untuk menabung adalah dengan memberikan perintah tetap kepada bank Anda untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tabungan bernama setelah rekening gaji Anda dikreditkan. Jika Anda menabung hanya 10 persen dari penghasilan Anda setiap bulan, Anda akan takjub melihat bagaimana rekening tabungan Anda akan tumbuh setiap bulannya.

5. Berinvestasi: Dengan menginvestasikan sebagian dari tabungan Anda, Anda sebenarnya membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Sisihkan sebagian uang di rekening tabungan Anda untuk investasi secara rutin. Ada banyak pilihan yang tersedia bagi Anda untuk mulai berinvestasi seperti saham dan reksa dana. Bagi seorang pemula, reksa dana adalah cara yang aman dan mudah untuk mulai berinvestasi.

Yang paling penting, sumber masalah uang yang umum bagi kebanyakan orang adalah pinjaman yang buruk. Dengan pinjaman buruk yang saya maksud adalah ketika Anda meminjam uang untuk mendanai konsumsi daripada memperoleh aset yang menghasilkan pendapatan. Jika Anda mengelola uang Anda dengan baik dengan mengikuti langkah-langkah yang disorot dalam artikel ini, Anda akan memiliki lebih sedikit alasan untuk meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Mengelola uang Anda secara efektif akan membantu Anda mengendalikan hidup Anda. Jika Anda mengelola uang Anda dengan benar, Anda menjadi kurang cemas tentang keuangan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top